oleh

Oknum ASN Pesawaran Mendadak Jadi Produser, Ajak Pelaku UMKM Dukung Petahana

PESAWARAN – Tensi masa kampanye Pilkada Kabupaten Pesawaran kian memanas. Salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pesawaran, diduga melakukan pelanggaran netralitas usai menjadi produser dadakan.

Dalam video berdurasi Dua menit lebih yang tersebar luas di media sosial, terlihat seorang ASN dengan seragam lengkap yang diketahui bernama Aznan Kabid UMKM Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pesawaran, sedang memberi arahan bak seorang produser untuk mendukung Paslon nomor urut 2 Dendi Ramadhona – Marzuki.

Mendapati rekaman vidio itu, Tim Pemenangan nomor urut Satu M Nasir – Naldi Rinara, melaporkan ASN tersebut ke Bawaslu Pesawaran.

Diketahui dalam laporan yang ditandatangani langsung oleh ketua Tim Pemenangan pasangan Bersinar Faisaludin dan Sekretaris Roliansyah, melaporkan adanya pelanggaran Netralitas ASN yang diketahui pada tanggal tanggal 28 oktober tahun 2020.

Diketahui Video pelanggaran ini direkam pada hari senin tanggal 19 oktober 2020 sekitar pukul 15.00 Wib, di Gedung Madrasah Desa Karang Rejo Kecamatan Negeri Katon.

“Dalam rekaman Vidio tersebut oknum kepala bidang UKM yang dengan masih menggunakan seragam lengkap ASN mengumpulkan para pelaku UMKM Desa Karang Rejo dan kemudian meminta kepada para pelaku UMKM tersebut untuk berkomitmen memenangkan Paslon nomor urut 2 (Dendi -Marzuki)  yang dalam hal ini sebagai petahana,” Jelas Faisal.

Dengan adanya pelanggaran ini Faisaludin selaku ketua Tim pemenangan pasangan Bersinar meminta kepihak Bawaslu segera melakukan tindakan hukum sesui dengan peraturan yang berlaku.

“Kami minta kepada Bawaslu agar segera melakukan tindakan hukum sesui dengan peraturan yang berlaku diantaranya -Undang – undang nomor 5 tahun 2015 tentang ASN,UU no 1 tahun 2015 tentang Pilkada (Pasal 70 dan 71), Perbawaslu no 6 tahun 2018 (Pasal 3), Peraturan Pemerintah no 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS (Pasal 4), surat edaran MENPANRB No B /71/M. SM. 00.00/2017, Peraturan Kepala Kepegawaian Negara No 21 tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah No 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS (BAB. III”Hukuman dan Disiplin),” Harapnya.

Sementara, Bawaslu Pesawaran melalui  Riswanto Bidang Hukum Humas dan Datin membenarkan adanya laporan tersebut dan berjanji akan segera memproses.

“Tentang adanya dugaan itu laporannya sudah kami terima dan akan segera kita tindak lanjut. Besok akan kami rapatkan dengan pimpinan yang lain, terkait langkah-langkah yang mau kita ambil,” Ungkapnya. (Af/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed